Berbagai perubahan terjadi pada Yamaha R1, dari sisi engine dengan menggunakan 998cc liquid cooled 16 valves DOHC 4 cylinder-inline, power yg dapat dihasilkan mencapai 180HP.. Sistem Injection nya udah pake YCC-T adan YCC-I (mirip lah dgn ride-by-wire)..
Engine nya DOHC, 4 cylinder, 4 valves per cylinder.. Transmission nya 6 speed dengan multi-plate slipper clutch.. Compression Ratio nya mencapai 12.7:1 (kalo model sebelumnya 12.3:1)..
Suspensi depan menggunakan 43mm inverted telescopic fork with adjustable preload, sedangkan suspensi belakang menggunakan single shock with piggyback reservoir. Tangki bensin sanggup menampung 18 liters.. berat kosong mencapai 174 kg… lumayanlah… kalo macet-macet…
Dari sisi brake, rem depan standard pake dual disc 310 mm dgn 6 piston calipers, dan belakang single disc 220mm dgn single piston calipers. Ban depan menggunakan ukuran 120/70-ZR17, sedangkan ban belakang menggunakan ukuran 190/50-ZR17.
Gear Ratio antara sprocket belakang dan depan (secondary gear ratio) mencapai 2.64. Sedangkan dari gigi 1 s/d 6, gear ratio nya diatas 1 semua, dalam artian motor ini tidak mengalami overdrive.. beda dengan motor cc kecil lainnya yang pasti ngalamin overdrive terutama di gigi 5 ataupun 6.
Pihak Yamaha mengeluarkan tiga model / warna, yaitu :
1. Yamaha Blue dgn harga USD 11.599 (MSRP)
2. Charcoal Silver dgn harga USD 11.699
3. Candy Red dgn harga juga USD 11.699
0 komentar:
Posting Komentar