DAFTAR ISI

Jumat, 28 Januari 2011

12 Komunitas Motor Buktikan Kualitas TOP 1 ACTION MATIC

otomotif purwokerto


JAKARTA - TOP 1 kembali mengadakan pengujian kualitas produknya, dengan menggandeng 12 klub/komunitas roda dua di Jakarta.

“Sesuai tema ‘Riding Experience’, kami ingin mengajak rekan-rekan perwakilan komunitas/klub motor untuk merasakan sensasi berkendara dengan motor yang menggunakan pelumas sintetik TOP 1. Silahkan dibuktikan di berbagai trek yang berbeda-beda untuk memberikan kesimpulan konkret terhadap kualitas oli TOP 1 yang digunakan,” ujar Derrick Surya, Marketing Manager PT Topindo Atlas Asia, selaku distributor oli TOP 1 di Indonesia.

Dalam pengujian kali ini dipilih TOP 1 Action Matic 10W-30 dan 20W-40 JASO MB. Sesuai peruntukannya, kedua jenis pelumas mesin tersebut digunakan pada skutik Honda BeAT dan Yamaha Mio Sporty.

Dua skutik ini lantas dipakai berkendara oleh tester dari perwakilan 12 klub/komunitas roda dua di Jakarta. Karena pengetesan ini juga bertujuan untuk melihat dampaknya terhadap jeroan.

Dari total jarak tempuh, jika dibagi jumlah komunitas/klub yang terlibat dalam event ini maka masing-masing punya jatah 625 km. Setiap klub bebas melakukan perjalanan dengan rute yang mereka kehendaki se-ekstrim mungkin.

Selama perjalanan menuju 7.500 kilometer terdapat tiga kali penggantian oli yaitu 2.500 kM, 5.000 KM dan 7.500 KM. Sampel oli bekas setiap penggantian dibawa ke laboratorium independen untuk dilakukan pengetesan kualitasnya setelah dipakai sejauh 2.500. Dipilih dua laboratorium sekaligus yaitu Petrolab dan Corelab, dan hasilnya masih sangat baik, TOP 1 Action Matic mampu melumasi dan melindungi mesin dengan baik.

Untuk membuktikan dampak penggunakaan oli TOP 1 Action Matic terhadap komponen dalam mesin yang bergesekan, maka dilakukan belah mesin Honda BeAT dan Yamaha Mio. Keduanya dibongkar di hadapan para tester (12 komunitas/klub) lalu diperiksa per komponen untuk dilihat apakah ada kerusakan dan keausan akibat dari pemakaian TOP 1.

“Secara teknis dan nyata, sama sekali tidak ada kerusakan yang ditimbulkan ke mesin karena penggunaan oli. Mulai dari dinding piston, silinder, camshaft, kruk as dan bearing-beraingnya masih tampak normal dan seperti baru, hal ini membuktikan TOP 1 Action Matic bekerja maksimal melindungi semua komponen mesin," terang Yulfian, Technical Support PT Topindo Atlas Asia.

Kalaupun ada kerusakan hanya terjadi pada komponen fast moving di luar mesin dan tidak berhubungan dengan oli, seperti kampas rem, roller dan belt CVT. Karena memang rata-rata selama pengetesan, kedua motor digeber secara ekstrim melewati medan yang sangat berat dan memang sudah waktunya untuk diganti.

“Dengan oli TOP 1 Action Matic 10W-30, tarikan Honda BeAT serasa lebih gesit dan responsif,” urai Mugi, dari HBC yang melakukan tes dalam perjalanan turing Jakarta-Lampung.

otomotif purwokerto

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Facebook Comments

 
Powered by Blogger