DAFTAR ISI

Senin, 24 Januari 2011

Produk Baru Bermunculan, Motor Sport Makin Dilirik

otomotif purwokerto


JAKARTA- Ada yang menarik dari percaturan pasar sepeda motor di dalam negeri sepanjang 2010. Persaingan ternyata tidak hanya terjadi untuk segmen motor bebek dan skutik.

Di kelas motor sport, ada pertarungan yang cukup seru. Memanasnya pasar motor sport di dalam negeri dimulai kala muncul rumor keberadaan Yamaha Byon. Meski isunya sudah mencuat sejak awal tahun namun baru resmi dirilis PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) pada Agustus lalu, tetapi sukses membuat perhatian biker di Tanah Air tergoda melirik motor sport.

Tapi Honda sepetinya tak mau kalah, New MegaPro diluncurkan lebih dulu oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Harganya pun dipatok lebih rendah dari Yamaha Byson. Honda seolah-olah bak di atas angin dengan hadirnya New MegaPro yang langsung head to head dengan Byson.

Tapi jangan salah, Yamaha punya kini punya trio motor sport, V-ixion, Byson, dan Scorpio. Bandingkand engan Honda yang dari dulu mengandalkan CS1, MegaPro, dan Tiger. Karena itu agar tetap mempertahankan ‘reputasinya’ di kelas motor sport dan tidak tergerus pasarnya dengan Honda, Scorpio dipermak Yamaha dengan tampilan baru. New MegaPro pun terjepit dengan Byson serta New Scorpio.

Namun beberapa bulan berselang AHM mengumumkan bakal memboyong All New Honda CBR 150R dan CBR 250R. Bahkan untuk CBR 150 kabarnya bakal dirakit di dalam negeri guna menekan harga jual dari motor sport full fairing tersebut. Panik kah Yamaha? Tidak, sebab keduanya baru meluncur tahun depan. Artinya Yamaha punya strategi yang lain lagi untuk tahun depan

Lalu bagaimana dengan Suzuki? Perang anatara Honda New MegaPro dengan Yamaha Byson serta New Scorpio ternyata belum menggerakkan Suzuki untuk menghadikan senjata terbaru mereka di kelas motor sport 150 cc - 200 cc. Suzuki tetap yakin Thunder masih memiliki penggemar setia.

Kehadiran All New CBR 250R malah menggelitik para penggemar Kawasaki. Karena Ninja 250R yang selama ini melenggang sendirian di kelas motor sport 250 cc dipastikan mendapat lawang tanguh bebendera Honda.

Meski begitu National Sales Manager PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Freddy Basuki sumringah dengan kehadiran All New CBR 250R. "Kalau mereka jadi masuk pasti pasar motor sport akan makin besar, ini jadi keuntungan kita untuk jualan Ninja 250R lebih banyak lagi, syukur-syukur bisa dirakit di dalam negeri supaya harganya juga turun," kata dia.

Gembiranya Kawasaki menyambut kehadiran CBR 250R ternyata juga dirasakan pihak Minerva. Artinya, dari kubu non Jepang, Minerva yang memiliki Megelli 250 Series berharap pasarnya akan membengkak seiring makin maraknya persaingan di kelas motor sport.

Bakal berkembangnya pasar motor sport 250 cc juga tampaknya akan diisi oleh Suzuki. Di kelas ini penggemar Suzuki pantas bersorak. Jika memungkinkan pabrikan berlogo "S" itu akan memboyong GW250 yang memiliki sebutan lain Mini B-King.

Meski perang motor ber-cc 250 sepertinya baru dimulai tahun depan, namun isu kemunculan merek-merek Jepang yang bakal terjun di kelas ini sejak akhir 2010 tentu akan menggairahkan pasar motor sport di dalam negeri

otomotif purwokerto

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Facebook Comments

 
Powered by Blogger