DAFTAR ISI

Senin, 10 Januari 2011

Yamaha Scorpio Rasa Super Moto

otomotif purwokerto


TOTAL, demikian kata akhir yang ingin diraih Faiz atas Yamaha Scorpio lansiran 2005 yang dirombak menjadi Super Moto. Butuh waktu empat bulan lebih dan dana sebesar Rp35 juta untuk mewujudkan motor impiannya.

Lama tidak menyentuh sepeda motor yang dibelinya dari sang paman. Pria yang tengah sibuk menjadi crew film ini langung gatel ingin merubah wajah Scorpio kedalam bentuk yang lebih garang.

Usai melakukan konsultasi bersama tim Jakarta Coast Custom, Bapak satu putera ini jatuh hati pada model Super Moto lansiran produsen sepeda motor asal Austria, KTM. Agar mendapat bentuk seperti yang diinginkan, sejumlah komponen KTM keluaran tahun yang sama dibenamkan pada Scorpio kesayangannya tadi.

"Gue punya Scorpio keluaran pertama tapi jarang gue pakai, akhirnya gue putuskan untuk memodifikasinya. Karena desainnya sudah kental dengan Super Moto jadi gue rombak saja seperti model KTM tahun 2005," ujar Faiz, aktivis Supra X125 Comunnity itu.

Bagian pertama yang mengalami rombakan besar-besaran adalah bagian kaki-kaki. Mulai dari shockbreaker depan, chassis hingga swingarm menempel seluruh komponen KTM. Al hasil postur tinggi Scorpio pun menjadi lebih tinggi menyerupai tongkrongan Super Moto.

Bukan tanpa hambatan melakukan perubahan pada bagian yang satu itu. Faiz mengatakan bahwa butuh kesabaran ketika harus menyesesuaikan swingarm dengan dudukan mesin yang posturnya lebih kecil.

Mendongkrak ukuran menjadi jalan keluar untuk mengadaptasikan kedua komponen berbeda itu. Termasuk mengganti ukuran velg 17 inch dibalut ban Battlax 120/70-17 di depan dan 170/70-17 di bagian belakang.

Guna mendapatkan performa dahsyat dengan bobot cukup berat. Sejumlah jeroan mesin pun diobok-obok oleh si empunya. Noken-as custom, stang seher yang didatangkan dari Thailand, karburator racing 34, hingga dilakukan bore-up sebesar 115 mm.

Yup, benar saja tenaga mesin langsung meningkat menjadi 350 cc. Maklum saja Faiz memang menyiapkan Super Motonya khusus berlari di atas lintasan aspal. Namun begitu faktor keselamatan tak lupa diaplikasikan olehnya. Urusan yang satu itu, dirinya hanya mempercayakan keselamatan pada produk Brembo.

Terakhir grafis warna yang dijuluki gaya 'Lemer' paduan hitam dan oranye membalut tubuh motor yang belum lama ini muncul di UMUB 2008 lalu. Alasan memilih baluran warna tersebut diakui Faiz agar tidak merubah data warna pada STNK Scorpio.

otomotif purwokerto

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Facebook Comments

 
Powered by Blogger